Logo UIN_RF Banner

Program Studi Biologi
Fakultas Sains dan Teknologi
UIN Raden Fatah Palembang

blog-img
09/12/2019

Dosen FST UIN RF Palembang Mengikuti Pelatihan Dan Uji Kompetensi Penyelia Halal

Admin | Rilis Berita

FST— Pelatihan dan uji kompetensi penyelia halal ini diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) bekerjasama dengan LSP LPPOM MUI. Kegiatan yang berlangsung selama empat hari (09-12 Desember) itu, digelar di Hotel Amaris Jl. Pakuan No.2 Kelurahan Baranang Siang Kec. Bogor Timur Kota Bogor. 

Pelatihan ini dihadiri oleh utusan dari 33 Universitas dan UMKM Binaan, salah satunya adalah utusan dari Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang. Dari UIN RF mengutus Riri Novita Sunarti, M.Si yang merupaka dosen Prodi Biologi dan Gusmelia Testiana, M.Kom yang merupakan dosen Prodi Sistem Informasi. Keduanya merupakan Dosen di FST UIN RF Palembang.

Pelatihan ini secara resmi dibuka oleh Kepala BPJPH, dimana beliau menyampaikan bahwa sesuai UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, setiap produk dan jasa terkait makanan, minuman, obat-obatan, kosmetik, dan barang gunaan yang beredar di Indonesia wajib disertifikasi halal mulai Oktober 2019.

“Perusahaan yang akan dan telah memiliki sertifikasi halal wajib memiliki penyelia halal (halal supervisor) seperti yang disyaratkan dalam Pasal 24 undang undang tersebut,”jelasnya. 

Profesi penyelia halal membuka peluang  kerja baru.  Profesi ini seperti profesi lainnya akan menuntut kompetensi yang diakui dan dibuktikan dengan sertifikat kompetensi oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

Materi pelatihan ini meliputi: Persyaratan Sertifikasi Halal (HAS 23000:2), Kebijakan dan Prosedur Sertifikasi Halal, Kriteria Sistem Jaminan Halal (HAS 23000:1), Pengembangan dan Penerapan Sistem Jaminan Halal (SJH), dan Penilaian Sistem Jaminan Halal.  Selanjutnya pada hari terakhir dilakukan Uji Kompetensi Penyelia Halal (ujian tertulis dan wawancara).

Dari kegiatan ini diharapkan nantinya dapat mendukung berkembangnya lembaga pemeriksa halal (LPH) UIN RF Palembang, dan secara tidak langsung dengan berkembangnya LPH juga dapat berperan menjadikan UIN RF yang Unggul.

Bagikan Ke:

Populer