Logo UIN_RF Banner

Program Studi Biologi
Fakultas Sains dan Teknologi
UIN Raden Fatah Palembang

blog-img
11/12/2020

LABORATORIUM FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI (FST) SIAP MENJADI LABORATORIUN UJI YANG PROFESIONAL STAND

Admin | Rilis Berita

HUMAS-UINRF, Pengembangan laboratorium merupakan salah satu program kerja dari Fakultas Sains dan Teknologi UIN Raden Fatah Palembang. Terbentuknya labratorium yang terakreditasi oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional) merupakan target utama dari Pengembangan Laboratorium Biokimia Terpadu Fakultas Sains dan Teknologi UIN Raden Fatah Palembang. Untuk menjamin bahwa laboratorium uji tersebut sesuai dengan standar baik Nasional maupun Internasional, maka harus ada lembaga yang menjaminnya dalam hal ini adalah KAN (Komite Akreditasi Nasional) dengan cara menilai lab uji tersebut dan mengeluarkan sertifikat akreditasi yang diakui baik secara Nasional maupun Internasional.

Apabila lab., tersebut sudah terakreditasi maka lab., tersebut sudah dianggap legal untuk melakukan pengujian yang hasilnya untuk dipublikasi. Dalam rangka persiapan akreditasi Laboratorium, Fakultas Sains dan Teknologi melakukan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang bertema “Penyusunan Dokumen Mutu Laboratorium Biokimia” (Jumat, 11 Desember 2020). Pada kesempatan ini, Bapak Dr. Suheryanto, M.Si., sebagai narasumber, banyak memberikan pengetahuan tentang persiapan akreditasi laboratorium, khususnya laboratorium uji. Dalam sambutannya Dekan FST, Dr. Munir, M.Ag., menyampaikan bahwa acara ini bertujuan salah satunya adalah untuk menyusun dan mempersiapkan akreditasi lab ISO 17025 terlebih lagi dalam beberapa bulan ini FST akan pindah ke kampus B Jakabaring yang alhamdulillah FST telah mempunyai lab terpadu yang sudah lengkap peralatannya, oleh karena itu diperlukan “belaar” dengan Lab. MIPA UNSRI baik itu segi pengelolaannya maupun tupoksi tenaga labnya.

Dalam acara ini juga ikut Wakil Dekan II, Dr. Delima Engga Maretha, M.Kes., AIFO, Dr. Muhammad Isnaini, M.Pd., selaku Wakil Dekan III, ketua lab Biologi Rian Oktiansyah, M.Si., Kepala Lab. Kimia Ibu Rohmatullaili, M.Sc., dan dosen-dosen Prodi Kimia, Biologi dan beberapa dosen Prodi Sistem Informasi serta tenaga kependidikan. Hadir juga Rektor UIN Raden Fatah Palembang diwakili Dr. Abdul Hadi, M.Ag selaku Wakil Rektor II membuka acara ini secara resmi. Dalam sambutannya sebelum membuka acara, beliau berterima kasih kepada narasumber yang telah ikhlas bermitra dengan UIN untuk memberikan ilmunya supaya lab. Terpadu kedepan maju paling tidak sama dengan lan yang dikelola oleh UNSRI.

Bapak Dr. Suheryanto, M.Si sebagai narasumber menjelaskan secara rinci mengenai definisi manajemen laboratorium, persyaratan umum dan khusus, organisasi manajemen dan manajemen mutu laboratorium. Narasumber juga menuturkan bahwa ISO merupakan persyaratan kompetensi untuk menuju akreditasi laboratorium untuk memperoleh pengakuan internasional. Persyaratan untuk akreditasi ini berbagai macam, yakni mempunyai dokumen pengembangan mutu, prosedur mutu, instruksi kerja, metode uji, formulir-formulir kegiatan, rekaman kegiatan laboratorium, alat uji dan alat ukur terkalibrasi, personil yang kompeten, bahan-bahan standar tidak kadaluarsa, mengikuti uji banding, dan uji kompetensi antar laboratorium.

Lebih jauh beliau menjelaskan bahwa jika semua persyaratan sudah terpenuhi, persyaratan-persyatan tersebut dikirim ke Komunitas Akreditasi Nasional. Setelah itu terdapat beberapa tahap sebelum akhirnya terakreditasi, yaitu audit kelayakan, audit kecukupan panduan mutu, dan assessment. Ia menjelaskan juga bahwa kendala dalam proses ini adalah tidak telatennya suatu laboratorium karena persyaratan yang terlalu banyak dan proses yang terlalu panjang. Tetapi, harapannya laboratorium Uji UIN Raden Fatah Palembang dapat terakreditasi dengan sangat baik. Acara diakhiri Tanya jawab dan diskusi bersama dan ditutup oleh kaprodi Kimia Ibu Maryamah, MT., dan akhirnya dibentuk tim untuk mempersiapkan Akreditasi dan pengelolaan lab., yang professional. (wd3 & lili).

Bagikan Ke:

Populer