Logo UIN_RF Banner

Program Studi Biologi
Fakultas Sains dan Teknologi
UIN Raden Fatah Palembang

blog-img
16/12/2020

PENINGKATAN PUBLIKASI ILMIAH DOSEN UIN RAFAH DENGAN BIMBINGAN TEKNIS PENULISAN JURNAL BEREPUTASI SCO

Admin | Rilis Berita

Setiap perguruan tinggi berupaya bagaimana lembaganya memiliki reputasi internasional. Salah satu reputasi tersebut adalah banyaknya karya publikasi dosennya yang  publikasi pada jurnal-jurnal bereputasi Internasional seperti WOS dan Scopus. Untuk menjadi lembaga ranking dunia tersebut dilakukan berbagai upaya melalui publikasi penelitian yang terindeks scopus atau WOS. Publikasi ilmiah menjadi syarat kenaikan pangkat bagi dosen, terutama dosen yang akan mengurus pangkat pada lector kepala, bahkan persyaratan dosen untuk menjadi guru besar pun harus memiliki publikasi ilmiah di jurnal bereputasi Internasional terindeks scopus dengan quartil satu (Q1).

Peningkatan publikasi ilmiah dosen dan percepatan dosen menjadi guru besar terus diupayakan oleh UIN Raden Fatah Palembang, melalui LP2M telah melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan Jurnal Bereputasi Scopus pada hari jum’at sampai dengan Minggu (11-13 Des 2020) bertempat di Hotel Aston Kota Palembang. Pada kegiatan ini, FST UIN Raden Fatah Palembang turut serta dalam kegiatan ini dengan mengirim 2 (dua) orang utusan yaitu Dr. Irham Falahudin, M,Si (WD 1 FST) dan R.A. Hoetary Tirta Amalia, M.Kes. (Dosen Prodi Biologi).  Narasumber yang handal dibidangnya memberikan materi yang luar biasa bagaimana teknis penulisan dan memulai menulis dan publikasi ilmiah bereputasi Internasional ,khususnya pada jurnal terindek scopus.

Narasumber pertama  (Dr. Aditya HPK, MM) dari UMI Makasar, memberikan trik yang menarik dan tata cara memulai menulis dengan baik. Dalam paparannya menjelaskan harus pintar-pintar memilih dan memilah jurnal yang akan di tuju, pilihannya ada dua ada yang bebayar dan tidak berbayar, tergantung dosen dan kebutuhannya. Narasumber kedua (Dr. Heri Nurdiyanto, M.Pd.) dari Metro juga memberikan bagaimana dosen menulis dengan baik dengan teknik dan alat bantu yang disediakan oleh teknologi. Selain itu narasumber ketiga (Arbain, M.Pd) dari Samarinda memberikan teknis tentang tool yang bisa digunakan untuk memulai menulis dengan baik. Banyak alat yang bisa digunakan oleh dosen untuk memulai tulisannya dan sudah ada alat pemandunya, baik yang berbayar maupun yang gratis.

Peserta dari berbagai unsur perguruan tinggi ini, bisa menjadi  awal untuk kolaborasi tulisan yang mudah dan membangun tulisan bersama. Akhir dari bimbingan teknis ini perlu upaya tindak lanjut dengan mengirimkan tulisannya pada jurnal yang bereputasi. Semoga ini dapat meningkatkan karya publikasi dosen UIN Rafah di kancah internasional, begitu juga hal ini, sesuai dengan visi FST untuk menuju standar internasional pada tahun 2030 melalui publikasi dosen di jurnal bereputasi internasional. (IF-71)

Bagikan Ke:

Populer